SELAMAT DATANG DI JENDELA CAKRAWALA ILMU, MEMBUKA WAWASAN BERFIKIR TANPA MELUPAKAN SIAPA YANG MENCIPTAKAN KITAwaspbook



Jumat, 04 Desember 2009

"Tanda-tanda akhir zaman"





Di film “The Core”, akhir dunia ditandai dengan semakin panasnya magma dan lava dalam bumi. Di film “The Day After Tomorrow”, akhir dunia digambarkan dengan tenggelamnya dunia bersamaan dengan mencairnya kutub utara dan kutub selatan. Di film “2012” yang menjadi topik perbincangan akhir-akhir ini, akhir dunia digambarkan dengan hancurnya dunia pada tahun 2012. Menurut Islam, seperti apakah tanda-tanda akhir zaman itu. Apakah serupa dengan isi-isi film tersebut diatas?.

Dengan ramainya perbincangan dan ramalan mengenai kiamat yang akan terjadi pada 2012 nanti, semua orang mulai ramai berspekulasi. Karena ramalan 2012 ini telah ada lama bahkan semenjak suku bangsa Maya dan Inca. Jauh sebelum peradaban modern ini hadir dan hidup.
Dalam Al-Qur’an tercantum : “Manusia bertanya kepadamu tentang terjadinya hari qiamat. Jawablah : Ilmunya hanya disisi Allah. Siapa tahu barangkali qiamat itu hampir terjadi dalam waktu dekat”. Berdasarkan ayat tersebut, maka jelas tersirat bahwa tidak ada satupun umat manusia yang mengetahui kapan akhir zaman ini akan terjadi, semuanya adalah rahasia Allah SWT semata.

Namun sebagai umat manusia, tidak ada salahnya untuk bersiap menghadapi maut dan kiamat setiap harinya. Menjaga niat dan ibadah agar tetap berada di jalan Allah SWT adalah salah satu jalan yang terbaik agar hati tetap istiqomah.

Dalam hadist Imam Al Bukhari tercantum tanda-tanda akhir zaman sebagai berikut : “Saya mendengar Rasullulah SAW bersabda, bahwa diantara tanda akhir zaman ialah
(1)ilmu diangkat, kebodohan akan nampak
(2) khamr menjadi minuman
(3) perzinahan merajalela
(4) semakin sedikitnya jumlah pria dan bertambah banyak jumlah wanita, hingga untuk lima puluh wanita terdapat seorang pria”.

Tidak semudah itu ilmu diangkat, pada bagian itu maksudnya adalah ulama-ulama yang baik semakin jarang, sehingga pemimpin yang menyesatkan umat-lah yang muncul dan berkembang. Khamr atau minuman keras seperti bir, champagne, sake, soju dan lain sebagainya beredar luas dan mudah didapatkan di restoran dan supermarket manapun. Peminumnya-pun banyak. Kasus perzinahan bisa dapat dengan mudah dikenali dengan begitu banyaknya peredaran video mesum kalangan anak-anak sekolah dan dewasa setiap harinya. Jumlah pria dan wanita kini semakin tidak seimbang, hal ini tergambarkan dari mulai banyaknya wanita menjadi pemimpin di beberapa institusi dan pemerintahan. Padahal dalam Islam, pria pada dasarnya adalah pemimpin wanita. Kelak para pria ini akan tidak tersisa karena peperangan dan kematian, sehingga tersisalah begitu banyak wanita yang mungkin akan menjadi akar lenyapnya peradaban dan menuju akhir dunia.

Dalam tanda-tanda tersebut diatas, sulit membedakan antara tanda-tanda akhir zaman dan sekedar gaya kehidupan modern saat ini. Apakah kiamat akan terjadi pada 2012, 2013 atau mungkin bulan depan semua semata hanya rahasia Allah SWT semata. Kabar dari Rasullullah mengenai tanda-tanda ini semua adalah sekedar mempersiapkan kita, maka persiapkanlah dengan sebaik-baiknya.

Semoga Allah SWT akan selalu melindungi kita semua.amin.

Ditulis oleh:
Cynantia Rachmijati,S.Ds,Grad.Dip.Journ

Sumber:
Diadaptasi dari buku “Tanda-tanda akhir zaman” karya H.U Saifuddin ASM, Penerbit Mudzakarrah Bandung, tahun 1996

Tidak ada komentar: