SELAMAT DATANG DI JENDELA CAKRAWALA ILMU, MEMBUKA WAWASAN BERFIKIR TANPA MELUPAKAN SIAPA YANG MENCIPTAKAN KITAwaspbook



Kamis, 10 Januari 2013

Contoh English Lesson Design (Narrative Text) By Titin Rostika

ENGLISH LESSON DESIGN (NARRATIVE TEXT)

  

 Kelas    : VIII                                         Waktu: 2x40                                            Tempat  : SMPN 1 Lembang                 Guru  : Titin Rostika


1. Materi                                                    : Narrative Text

2. Tujuan pertemuan ini                                      : Melalui penelaahan terhadap teks narrative, siswa dapat mengidentifikasi gambaran umum, topic/ide pokok paragraph, gagasan rinci, informasi factual, rujukan kata ganti, sinonim, antonym, dan pesan moral dengan cara menuliskan jawabannya pada lembar kerja siswa setelah berdiskusi.

3. Langkah-langkah Pembelajaran:


Kegiatan Siswa

Bantuan/ perhatian

1.       Menyebutkan judul-judul dongeng yang mereka ketahui sebelumnya.

                                     



2.       Menyimak pemodelan Narrative Text berupa dongeng yang diceritakan salah seorang temannya.

                                                                                                                                                      





3.       Siswa dikelompokkan, siswa membaca dongeng yang diberikan kemudian berdiskusi.



Mari kita baca cerita “The Boy and The Wolf”, lalu kita diskusikan kata sulitnya.
 

 




*Mencari kata sulit dari teks dan mencari artinya dalam kamus.

*Menuliskan kata sulit yang tidak bisa mereka temukan dalam kamus pada papan tulis.

*Siswa yang lain dapat membantu menjawab arti kata sulit yang ada pada papan tulis.






Ayo…. Kalian pasti bisa menjawab pertanyaan bacaannya!
 

 





4.       Dengan cara berdiskusi, mengidentifikasi lalu menuliskan jawaban pertanyaan bacaan tentang :

-          Gambaran umum

-          Topik/ide pokok paragraph

-          Gagasan rinci

-          Informasi factual

-          Rujukan kata ganti

-          Sinonim

-          Antonim

-          Pesan moral

Evaluasi:
Siswa dapat mengidentifikasi Gambaran umum, topic/ide, gagasan rinci, informasi factual, rujukan kata ganti, sinonim, antonym dan pesan moral
Bantuan:
Coba bertanya kepada teman dan sempurnakan jawabannya.

 

      

1.       Menggali konsep dasar siswa tentang Narrative Text dengan dara menanyakan dongeng yang merak ketahui

2.       Membimbing siswa lain untuk bertanya tentang dongeng tersebut.







*Melihat cara belajar dalam kelompok sambil member arahan.


*Memberi kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab arti kata yang sulit..





*Menawarkan salah seorang siswa untuk menjadi leader dalam diskusi kelas.


*Mengkonfirmasi temuan siswa/diskusi.


*Refleksi

*Penugasan









                                                                                                           


The Boy and The Wolf





     Long time ago, in a peaceful village lived a boy who looked after the sheep. Every day he took the sheep to the hill nearby. He went there early in the morning and went home in the afternoon.


    One day the boy was fed up. He felt that it was a boring job. There was no one to talk to and no one to play with. So, the boy thought he would have some fun. He pretended that a wolf was attacking. He shouted loudly for help.



     The people from the village ran to see what was happening. They were angry when they found out it was only a joke. And they began furious to see the naughty boy laughing.



     The next day the boy tried to play the same trick, but the people from the village were fed up with his game. They liked to ignore it, and didn’t want to help him.




     On the other day a wolf really did come. The boy was frightened. He shouted for a help at the top his voice, but no one came.







Tidak ada komentar: