SELAMAT DATANG DI JENDELA CAKRAWALA ILMU, MEMBUKA WAWASAN BERFIKIR TANPA MELUPAKAN SIAPA YANG MENCIPTAKAN KITAwaspbook



Senin, 31 Agustus 2009

Contoh RPP dan Silabus IPA SMP

Daroji–Haryati
MODEL Pelaksanaan
Silabus dan Rencana
Pembelajaran (RPP)
Konsep dan Penerapan
1
SAINS BIOLOGI
untuk Kelas VII SMP dan MTs
Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
PT TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI
SOLO
i
MODEL
Silabus dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
Konsep dan Penerapan
SAINS BIOLOGI 1
untuk Kelas VII SMP dan MTs
Penulis : Daroji; Haryati
Editor : Ria Setyo Mardani
Perancang kulit : Agung Wibawanto
Perancang tata letak isi : Yulius Widi Nugroho
Penata letak isi : Joko Surojo
Tahun terbit : 2007
Diset dengan Power Mac G4, font: Times 10 pt
Preliminary : iv
Halaman isi : 60 hlm.
Ukuran buku : 14,8 x 21 cm
© Hak cipta dilindungi
Ketentuan Pidana Sanksi Pelanggaran
oleh undang-undang.
Pasal 72
Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 All rights reserved.
Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1987
tentang Hak Cipta
Penerbit
1. Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak mengumumkan atau
PT Tiga Serangkai Pustaka
memperbanyak suatu ciptaan atau memberi izin untuk itu, dipidana
Mandiri
dengan pidana penjara paling sedikit 1 (satu) bulan dan/atau denda
Jalan Dr. Supomo 23 Solo
paling sedikit Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara
Anggota IKAPI No. 19
paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak
Tel. 0271-714344,
Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
Faks. 0271-713607
2. Barang siapa dengan sengaja menyerahkan, menyiarkan,
e-mail:
memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum sesuatu
tspm@tigaserangkai.co.id
ciptaan barang atau hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak Terkait
sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dipidana dengan pidana
Dicetak oleh percetakan
penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak
PT Tiga Serangkai Pustaka
Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
Mandiri
ii
Kata Pengantar
Kami mengucapkan terima kasih kepada guru yang telah memilih dan
menggunakan buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi terbitan Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri. Semoga buku ini dapat meningkatkan hasil dari Proses Belajar
Mengajar (PBM) secara maksimal sebagai upaya untuk meningkatkan mutu Sumber
Daya Manusia (SDM) melalui jalur formal SMP/MTs. Kami menyadari, adanya
ketetapan pemerintah yang memberikan wewenang kepada masing-masing sekolah
untuk menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) belum
sepenuhnya dipahami oleh guru yang berada di lapangan. Di antara mereka masih
banyak yang mengalami kesulitan atau keterbatasan dalam penyusunan perangkat
pembelajaran tersebut. Dengan ini, kami penulis dari Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
memberikan Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk
mata pelajaran Biologi.
Silabus yang kami buat bersifat fleksibel, artinya dapat disesuaikan dengan
kebutuhan guru dan siswa dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) serta dapat
disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Silabus ini berfungsi sebagai
salah satu alternatif untuk memudahkan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang juga dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-
masing. Adapun penyusunan model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini
telah kami sesuaikan dengan model Silabus yang telah kami buat. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tersebut dapat memberikan gambaran proses
pembelajaran yang berlangsung, mulai dari awal kegiatan hingga akhir kegiatan.
Bentuk penilaian dan alokasi waktu yang tercantum dapat diubah sesuai dengan
kebutuhan guru yang secara langsung melihat kondisi siswa, sekolah, dan lingkungan
sekitarnya.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan Model Silabus dan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu,
kami menerima kritik dan saran yang membangun untuk memperbaikinya. Harapan
kami dengan adanya Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
ini guru dapat memperoleh salah satu model alternatif dalam menyusun perangkat
pembelajaran, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Solo, Januari 2007
Penulis
iii
Daftar Isi
Kata Pengantar ________________________________________________ iii
Daftar Isi _____________________________________________________ iv
Silabus ______________________________________________________ 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ________________________________ 10
Daftar Pustaka ________________________________________________ 58
iv
Silabus
IPA (Biologi)
VII/2
5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.
14 jam pelajaran
Materi Alokasi Sumber
Indikator
Kegiatan Pembelajaran Penilaian
Pembelajaran Waktu Bahan
(3) (4) (5) (6) (7) (8)
• Jenis tagihan:
• Mengenal gejala • Buku
• Mengadakan observasi
• Gejala alam 6 jam
- Praktik
alam biotik dan Konsep dan
untuk menemukan
biotik dan abiotik. pelajaran
- Tugas
abiotik. Penerapan
sebanyak-banyaknya
kelompok Sains
tentang gejala alam
- Ulangan Biologi 1,
biotik dan abiotik.
harian Tiga
• Menyusun langkah-
• Bentuk Serangkai
langkah kinerja ilmiah.
instrumen: • Mikroskop
• Menerapkan sikap
- Performans
ilmiah yang harus
- Pilihan ganda
dimiliki dalam
- Isian singkat
melakukan penelitian
ilmiah.
• Jenis tagihan:
• Mengenal dan • Buku
• Mengenal bagian-
• Cara 4 jam
- Tugas
menggunakan Konsep dan
bagian mikroskop.
penggunaan dan pelajaran
kelompok
mikroskop dengan Penerapan
• Menggunakan
perawatan
- Ulangan
benar. Sains
mikroskop dalam
mikroskop.
harian Biologi 1,
melakukan pengamatan
• Bentuk Tiga
terhadap benda-benda
instrumen: Serangkai
mikroskopis.
- Performans • Mikroskop
- Uraian bebas
- Uraian objektif
1
KTSP Sains Biologi SMP 1
(3) (4) (5) (6) (7) (8)
• Membuat preparat • Membuat preparat
tumbuhan sehingga basah dan sayatan
dapat diamati dengan menurut arah
mikroskop. tertentu.
• Memperkirakan ukuran • Memperkirakan
suatu objek yang diamati ukuran benda asli
di bawah mikroskop. suatu preparat
berdasarkan skala.
• Buku
4 jam
• Menggunakan dan • Memegang/ • Jenis tagihan:
• Keselamatan
Konsep dan
pelajaran
memperlakukan alat membawa serta - Tugas individu
kerja ilmiah.
Penerapan
maupun bahan dalam memperlakukan - Kuis
Sains
melakukan kinerja ilmiah • Bentuk
alat dan bahan di
Biologi 1,
secara aman. laboratorium instrumen:
Tiga
• Melakukan studi secara aman. - Uraian objektif
Serangkai
referensi dan observasi
• Mikroskop
di laboratorium IPA untuk
mengetahui dan
mengenal simbol-simbol
dalam laboratorium.
• Mendeskripsikan bahan- • Mengenal bahan
bahan berbahaya dan yang berbahaya
bahan yang dapat dan
menimbulkan penyakit mengidentifikasi
serta mengidentifikasi simbol-simbolnya.
simbol-simbol dalam
laboratorium.
2 KTSP Sains Biologi SMP 1
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.
: 24 jam pelajaran
Materi Alokasi Sumber
Indikator
Kegiatan Pembelajaran Penilaian
Pembelajaran Waktu Bahan
(3) (4) (5) (6) (7) (8)
• Mengumpulkan • Jenis tagihan: • Buku
• Mendeskripsikan 8 jam
• Ciri-ciri makhluk
- Pertanyaan
informasi tentang Konsep dan
pengertian pelajaran
hidup
ciri-ciri makhluk lisan Penerapan
keanekaragaman
hidup. - Tugas Sains
makhluk hidup dengan
kelompok
• Membuat laporan Biologi 1,
mengidentifikasi ciri-ciri
ciri-ciri makhluk - Ulangan Tiga
makhluk hidup.
hidup. harian Serangkai
• Mengamati makhluk
• Bentuk • Lingkungan
hidup di lingkungan
instrumen: sekitar
sekitar untuk mengenal
- Uraian bebas • Mikroskop
gejala hidup pada
- Portofolio
hewan dan tumbuhan.
- Pilihan ganda
• Membandingkan ciri-ciri
kehidupan antara
hewan dan tumbuhan.
• Membedakan • Jenis tagihan: • Buku
• Mendeskripsikan 10 jam
• Klasifikasi
makhluk hidup - Tugas Konsep dan
keanekaragaman pelajaran
makhluk hidup
kelompok
yang satu dengan Penerapan
makhluk hidup untuk
lainnya - Ulangan Sains
mengklasifikasi makhluk
harian
berdasarkan ciri Biologi 1,
hidup berdasarkan ciri-
khusus kehidupan • Bentuk Tiga
ciri yang dimiliki.
yang dimiliki. instrumen: Serangkai
• Menerapkan
• Membandingkan - Performans • Lingkungan
penggunaan cara
- Ulangan
ciri-ciri khusus tiap sekitar
penulisan nama
kingdom dalam objektif • Mikroskop
makhluk hidup dengan
sistem lima kingdom
sistem tata nama
dan memberikan
ganda.
contohnya.
• Mengenal sistem
klasifikasi lima kingdom
yang diusulkan oleh
Robert H. Whittaker.
3
KTSP Sains Biologi SMP 1
(3) (4) (5) (6) (7) (8)
• Mendeskripsikan
• Mendeskripsikan dasar
pentingnya
dan tujuan klasifikasi
dilakukan klasifikasi
dalam penggunaan
makhluk hidup.
kunci determinasi
• Menggunakan
sederhana.
kunci determinasi
• Menjelaskan tujuan dan
sederhana.
dasar klasifikasi
• Menyusun kunci
makhluk hidup menurut
determinasi
Carolus Linnaeus.
sederhana.
• Menggunakan kunci
determinasi sederhana
untuk menentukan nama
atau kelompok suatu
makhluk hidup.
6 jam
• Jenis tagihan:
• Mendeskripsikan • Buku
6.3 Mendeskripsikan • Keanekaragaman • Menjelaskan pengertian
pelajaran
- Tugas
sel, jaringan, organ, dan keragaman tingkat
pada tingkat Konsep dan
kelompok
sistem organ. sel berdasarkan
organisme Penerapan
- Ulangan
• Membandingan bagian- hasil pengamatan
kehidupan. Sains
harian
bagian sel tumbuhan menggunakan Biologi 1,
• Bentuk
dan sel hewan. mikroskop. Tiga
instrumen:
• Menggambar sel hewan • Mendeskripsikan Serangkai
- Performans
dan sel tumbuhan keragaman tingkat • Lingkungan
- Laporan hasil
melalui pengamatan jaringan sekitar
praktik
menggunakan berdasarkan hasil • Mikroskop
- Ulangan
mikroskop. pengamatan
harian
• Memberikan contoh menggunakan
jaringan, organ, dan mikroskop.
sistem organ. • Mendeskripsikan
• Menjelaskan fungsi keragaman tingkat
jaringan otot pada organ dan sistem
manusia. organ berdasar
• Menjelaskan fungsi hasil pengamatan.
jaringan meristem pada • Mengaitkan
hubungan antara
KTSP Sains Biologi SMP 1
manusia.
4
(3) (4) (5) (6) (7) (8)
• Melakukan studi sel, jaringan, organ,
referensi tentang dan sistem organ
struktur organ dan makhluk hidup.
sistem organ pada
hewan dan tumbuhan.
Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.
: 30 jam pelajaran
Materi Alokasi Sumber
Indikator
Kegiatan Pembelajaran Penilaian
Pembelajaran Waktu Bahan
(3) (4) (5) (6) (7) (8)
• Komponen • Jenis tagihan:
• Mengidentifikasi
• Menjelaskan sifat saling • Buku
10 jam
ekosistem, Konsep dan
- Tugas
satuan-satuan
ketergantungan antara pelajaran
peran, dan Penerapan
individu
komponen-komponen dalam ekosistem
interaksinya. Sains
- Tugas
dan menyatakan
dalam ekosistem.
kelompok
bahwa matahari
• Menjelaskan pengertian Biologi 1,
• Bentuk
merupakan sumber
individu, populasi, dan Tiga
instrumen:
komunitas. energi utama pada Serangkai
- Uraian objektif
sistem biologi.
• Menjelaskan kepadatan • Lingkungan
- Laporan
populasi. sekitar
observasi
• Menjelaskan faktor
abiotik dalam ekosistem.
• Menjelaskan
ketergantungan antara
komponen biotik dan
abiotik.
• Menjelaskan bahwa
matahari adalah sumber
KTSP Sains Biologi SMP 1
energi utama bagi
makhluk hidup.
5
(3) (4) (5) (6) (7) (8)
• Membedakan simbiosis,
mutualisme,
komensalisme,
parasitisme, serta
memberikan contohnya.
• Menggambarkan
• Menjelaskan rantai
dalam bentuk
makanan dan jaring-
jaring kehidupan. diagram rantai
makanan dan
• Membuat contoh
jaring-jaring
diagram rantai makanan
dan jaring-jaring kehidupan serta
kehidupan. menjelaskan peran
masing-masing
tingkatan tropik.
• Mengemukakan • Buku
7.2 Mengidentifikasi • Keanekaragaman • Menjelaskan pengertian 8 jam
• Jenis tagihan:
pentingnya Konsep dan
makhluk hidup sumber daya alam pelajaran
- Unjuk kerja
membudidayakan Penerapan
dan upaya hayati. - Tugas individu
tumbuhan/hewan Sains
pelestariannya. • Menjelaskan pentingnya • Bentuk objektif
langka. Biologi 1,
keanekaragaman bagi - Uraian singkat
• Mendeskripsikan Tiga
kelestarian makhluk - Laporan kerja
usaha-usaha yang Serangkai
hidup. praktik
dapat dilakukan • Lingkungan
• Menjelaskan manfaat
manusia untuk sekitar
sumber daya alam
pelestarian
hayati dalam bidang
ekosistem.
biologi dan lingkungan.
• Menyebutkan usaha-
usaha manusia dalam
menjaga kelestarian
sumber daya alam
hayati.
6 KTSP Sains Biologi SMP 1
(3) (4) (5) (6) (7) (8)
6 jam
• Jenis tagihan:
• Memperkirakan • Buku
• Menjelaskan sifat saling
• Pengaruh
pelajaran
- Pertanyaan
hubungan ukuran Konsep dan
ketergantungan untuk
kepadatan
lisan
populasi penduduk Penerapan
memprediksi pengaruh
populasi
- Ulangan
dengan kebutuhan Sains
kepadatan populasi
manusia
harian
air bersih dan Biologi 1,
manusia terhadap
terhadap
• Bentuk objektif
udara bersih. Tiga
lingkungan.
lingkungan.
- Uraian objektif
• Memperkirakan Serangkai
• Menjelaskan sejarah
- Pilihan ganda
hubungan ukuran • Lingkungan
pertumbuhan penduduk
populasi penduduk sekitar
Indonesia.
dengan kebutuhan
• Menyimpulkan faktor-
pangan.
faktor yang
• Memperkirakan
memengaruhi dinamika
hubungan ukuran
penduduk.
populasi penduduk
• Menghitung presentase
dengan
pertambahan penduduk.
ketersediaan lahan.
• Menjelaskan pengaruh
• Menjelaskan
kepadatan populasi
pengaruh
manusia terhadap
peningkatan
persediaan udara dan air
populasi penduduk
bersih.
terhadap
• Menjelaskan pengaruh
kerusakan
kepadatan populasi
lingkungan.
manusia terhadap
kebutuhan lahan
pertanian.
• Menjelaskan pengaruh
kepadatan populasi
manusia terhadap
kerusakan lingkungan.
7
KTSP Sains Biologi SMP 1
(3) (4) (5) (6) (7) (8)
• Melakukan studi
pustaka untuk
merumuskan
keterkaitan antara faktor
kepadatan populasi
manusia dengan
masalah sumber air
bersih, lahan pertanian,
dan kerusakan
lingkungan.
• Mengumpulkan data
kerusakan lingkungan.
6 jam • Buku
4. 7.4 Mengaplikasikan • Peranan • Jenis tagihan:
• Menyebutkan akibat dari • Menjelaskan
pelajaran Konsep dan
konsekuensi
manusia dalam - Tugas individu
penebangan hutan
Penerapan
pengelolaan penebangan hutan - Unjuk kerja
secara liar.
Sains
dan pengaruhnya
lingkungan. • Bentuk
• Mengusulkan upaya-
terhadap kerusakan Biologi 1,
instrumen:
upaya untuk mencegah
lingkungan Tiga
- Uraian objektif
penebangan hutan
(misalnya kondisi Serangkai
- Pilihan ganda
secara liar.
tanah dan • Lingkungan
- Portofolio
• Menjelaskan penyebab
keanekaragaman sekitar
dan efek polusi air serta
hayati) serta upaya
tanah.
mengatasinya.
• Menjelaskan penyebab
• Menjelaskan
efek polusi udara.
pengaruh
• Mengusulkan
pencemaran air,
penanggulangan
udara, dan tanah,
pencemaran secara
kaitannya dengan
administratif.
aktivitas manusia
• Menyebutkan contoh
serta cara
peran individu dan
mengatasinya.
masyarakat dalam
mencegah pencemaran • Mengusulkan cara
penanggulangan
lingkungan.
pencemaran dan
• Melakukan studi
kerusakan
pustaka untuk
lingkungan.
8 KTSP Sains Biologi SMP 1
(3) (4)
(5) (6) (7)
(8)
merumuskan pengaruh
kerusakan dan
pencemaran terhadap
lingkungan.
• Melakukan percobaan
untuk membuktikan
pengaruh pencemaran
detergen terhadap gerak
buka-tutup insang ikan.
Mengetahui, Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah Guru Biologi
(_______________________) (_______________________)
NIP. ......................................... NIP. .........................................
9
KTSP Sains Biologi SMP 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 1–3
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar : 5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan
sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam.
Indikator : • Mengenal gejala alam biotik dan abiotik.
• Menerapkan langkah-langkah kerja ilmiah melalui
percobaan sederhana.
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. mengenal gejala-gejala alam biotik dan abiotik;
B. memberi contoh gejala alam biotik;
C. memberi contoh gejala alam abiotik;
D. menjelaskan langkah-langkah ilmiah dalam melakukan pengamatan.
II. Materi Pokok
• Kerja ilmiah sebagai langkah pemecahan masalah.
• Langkah-langkah metode ilmiah.
III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. diskusi;
B. observasi gejala alam yang ditemukan di sekitar sekolah.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang perbedaan materi biotik dan abiotik.
B. Kegiatan Inti
1. Guru mengelompokkan siswa.
2. Siswa diminta menjelaskan pengertian gejala alam abiotik dan biotik.
3. Setiap kelompok siswa mengadakan observasi untuk menemukan
gejala alam biotik dan biotik sebanyak-banyaknya.
4. Guru menunjuk perwakilan siswa untuk mempresentasikan hasil
temuannya tentang gejala alam biotik dan abiotik.
10 KTSP Sains Biologi SMP 1
5. Siswa diminta mendiskusikan perbedaan gejala alam abiotik dan
biotik.
6. Siswa diminta mendiskusikan tentang adanya hubungan antara kedua
gejala alam tersebut.
C. Penutup
1. Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang
perbedaan abiotik dan biotik.
2. Guru memberi tugas pada siswa untuk mengadakan pengamatan
tentang gejala alam biotik dan abiotik yang ditemukan di sekitar
tempat tinggal masing-masing.
Pertemuan Ke-2
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang langkah-langkah kerja ilmiah.
B. Kegiatan Inti
1. Guru mengelompokkan siswa.
2. Siswa membaca uraian pada buku tentang langkah-langkah kerja
ilmiah, kemudian menuliskan ide pokok tentang metode ilmiah.
3. Siswa diminta menyusun gambar yang telah dipersiapkan guru sesuai
dengan langkah-langkah kerja ilmiah.
4. Siswa diminta menyebutkan sikap ilmiah yang harus dimiliki dalam
melakukan penelitian.
5. Siswa diminta melakukan percobaan sederhana yang mengikuti
metode ilmiah.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum langkah-langkah kerja ilmiah
di buku tugas.
Pertemuan Ke-3
A. Pendahuluan
Guru memberikan informasi bahwa akan segera diadakan ulangan harian.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diberi kesempatan untuk membaca materi selama sepuluh
menit.
2. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang telah disediakan guru
sebagai bahan ulangan harian.
C. Penutup
Guru mengumpulkan hasil ulangan.
11
KTSP Sains Biologi SMP 1
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 1, Tiga Serangkai, halaman
1-13;
B. lingkungan sekitar sekolah.
VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Termasuk materi biotik atau materi abiotikkah benda-benda berikut
ini?
a. air
b. ikan
c. biji kacang
d. sepotong kayu
e. rumput
f. sinar matahari
g. udara
h. anak ayam
i. kecambah kedelai
j. sebongkah batu
2. Apakah pengertian dari abiotik dan biotik?
3. Sebutkan lima contoh gejala alam biotik.
4. Sebutkan lima contoh gejala alam abiotik.
5. Adakah hubungan antara gejala alam biotik dengan faktor abiotik
dan sebaliknya?
6. Apakah hipotesis itu?
7. Apakah kesimpulan harus selalu sama dengan hipotesis?
8. Apa fungsi tabel atau grafik dalam laporan penelitian ilmiah?
9. Sebutkan langkah-langkah metode ilmiah.
10. Apa yang harus dilakukan jika hipotesis tidak sesuai dengan
kesimpulan?
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu
per satu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.
12 KTSP Sains Biologi SMP 1
Format penilaian kinerja sebagai berikut.
Hari/Tanggal : ....
Kelas/Semester : ....
Aspek Penilaian
Tingkat Kemampuan Kemampuan Jumlah
No. Nama
Keaktifan Presentasi Menyimpulkan
(0–30) (0–30) (0–40)
1.
2.
3.
4.
dst.
Mengetahui, Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah Guru Biologi
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
13
KTSP Sains Biologi SMP 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 4 dan 5
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar : 5.2 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung
lainnya untuk mengamati gejala kehidupan.
Indikator : • Mengenal dan menggunakan mikroskop dengan benar.
• Membuat preparat basah dan sayatan menurut arah
tertentu.
• Memperkirakan ukuran benda asli suatu preparat
berdasarkan skala.
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menggunakan mikroskop dalam mengadakan pengamatan terhadap benda-
benda yang bersifat mikroskopis;
B. mengenal bagian-bagian mikroskop dalam melakukan pengamatan dan
menggambar hasil pengamatan;
C. membuat preparat bagian tumbuhan sehingga dapat diamati dengan
mikroskop;
D. memperkirakan ukuran suatu objek yang diamati di bawah mikroskop.
II. Materi Pokok
• Penggunaan mikroskop.
• Objek Pengamatan.
III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. eksploitasi pada sumber bacaan yang relevan;
B. praktik untuk mengenal mikroskop dan cara penggunaannya;
C. praktik membuat preparat secara sederhana.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-4
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang alat-alat yang digunakan di laboratorium
IPA. Selanjutnya, guru memberikan permasalahan kepada siswa tentang
bagaimana siswa dapat melihat makhluk hidup yang sangat kecil, misalnya
bakteri.
14 KTSP Sains Biologi SMP 1
B. Kegiatan Inti
1. Guru membawa beberapa model mikroskop, kemudian melakukan
tanya jawab tentang nama bagian-bagian dari mikroskop.
2. Guru memberi contoh cara menggunakan mikroskop dan siswa
diminta berlatih menggunakan mikroskop secara benar.
3. Guru memberi contoh cara membuat preparat dan siswa diminta
berlatih membuat preparat hidup.
4. Siswa praktik mengamati makhluk bersel satu.
5. Guru menginformasikan kepada siswa tentang cara mengamati objek
di bawah mikroskop dan cara menggambar hasil pengamatan tersebut.
6. Siswa melakukan praktik mengamati preparat menggunakan
mikroskop dan menggambar hasil pengamatannya.
C. Penutup
Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan cara-cara menggunakan
mikroskop dengan benar dan cara pemeliharaan mikroskop tersebut.
Pertemuan Ke-5
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi kepada siswa tentang bagian-bagian terpenting
dari mikroskop. Selanjutnya, guru memberikan permasalahan kepada siswa
tentang bagaimana mikroskop dapat digunakan untuk melihat sel
tumbuhan.
B. Kegiatan Inti
1. Guru mengingatkan siswa kembali tentang cara menggunakan
mikroskop.
2. Guru meminta salah seorang siswa berlaku sebagai model dalam
mengamati objek menggunakan mikroskop.
3. Siswa melakukan praktik ”Mengamati Bentuk Sel pada Tumbuhan”.
4. Guru mengamati kegiatan siswa dan membimbing siswa yang belum
dapat mengadakan pengamatan dengan benar.
5. Siswa menggambar hasil kegiatan tentang sel tumbuhan.
C. Penutup
Guru membimbing siswa merangkum tentang cara membuat preparat sel
tumbuhan.
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 1, Tiga Serangkai, halaman
14-23;
B. lingkungan sekitar sekolah.
15
KTSP Sains Biologi SMP 1
VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Perhatikan gambar mikroskop berikut ini, kemudian berilah
keterangan tentang nama bagian-bagian mikroskop dengan benar.
a. ....
a
b. ....
c. ....
j d. ....
b
e. ....
c
f. ....
d i
g. ....
e
h. ....
f
g i. ....
h j. ....
2. Apa fungsi dari bagian-bagian mikroskop seperti pada gambar soal
no. 1 tersebut.
3. Lapangan pandang pada lensa objektif suatu mikroskop adalah 0,6 mm.
Jika suatu objek menempati seperlima bagian dari lapangan pandang
tersebut, tentukan ukuran objek yang sebenarnya.
4. Sebutkan tiga cara menggunakan mikroskop.
5. Jelaskan secara singkat cara membuat preparat hidup.
6. Mengapa saat melakukan pengamatan menggunakan mikroskop, kita
memasang lensa dengan perbesaran kecil terlebih dahulu?
7. Apa fungsi minyak imersi bagi mikroskop?
8. Sebutkan tiga cara yang diperlukan untuk memelihara mikroskop.
9. Apa beda irisan melintang dan irisan membujur suatu objek?
10. Gambarkan sebuah sel/jaringan tumbuhan yang kamu lihat dengan
menggunakan mikroskop.
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu-
persatu. Hasilnya dicacat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.
16 KTSP Sains Biologi SMP 1
Format penilaian kinerja sebagai berikut.
Hari/Tanggal : ....
Kelas/Semester : ....
Judul praktik/eksperimen : Mengamati Sel Bawang Merah
Aspek Penilaian
Cara Cara Hasil
No. Nama Jumlah
Penggunaan Membuat Pengamatan
Mikroskop Preparat (0–40)
(0–30) (0–30)
1.
2.
3.
4.
dst.
Mengetahui, Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah Guru Biologi
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
17
KTSP Sains Biologi SMP 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 6 dan 7
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar : 5.3 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan
pengamatan gejala-gejala alam.
Indikator : • Memegang/membawa serta memperlakukan alat dan
bahan di laboratorium secara aman.
• Mengenal bahan yang berbahaya dan mengidentifikasi
simbol-simbolnya.
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menggunakan dan memperlakukan alat maupun bahan dalam melakukan
kerja ilmiah secara aman;
B mendeskripsikan bahan-bahan berbahaya dan bahan yang dapat menim-
bulkan penyakit serta mengidentifikasi simbol-simbol dalam laboratorium;
C. memperlakukan alat laboratorium IPA secara aman dalam melakukan
kegiatan.
II. Materi Pokok
• Keselamatan kerja ilmiah.
III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. eksplorasi pada sumber bacaan yang relevan;
B. observasi terhadap alat-alat dan bahan di laboratorium IPA.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-6
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang bahaya suatu bahan yang biasa digunakan
dalam laboratorium IPA. Selanjutnya, guru memberikan permasalahan
kepada siswa tentang bagaimana cara menghindari bahaya dari bahan yang
biasa digunakan dalam kegiatan di laboratorium IPA.
18 KTSP Sains Biologi SMP 1
B. Kegiatan Inti
1. Guru mengajak siswa melakukan observasi ke laboratorium IPA untuk
memahami tata tertib di laboratorium IPA.
2. Guru mengajak siswa melakukan observasi untuk mengenal jenis-
jenis bahan yang tersedia di laboratorium IPA.
3. Guru mengajak siswa mengenal dan mengidentifikasi simbol bahan
berbahaya yang tersedia dalam laboratorium IPA.
C. Penutup
Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan tentang jenis-jenis bahan
yang mudah terbakar, beracun, dan bersifat korosif serta cara menghindari
bahaya yang ditimbulkan dari bahan-bahan tersebut.
Pertemuan Ke-7
A. Pendahuluan
Guru memberikan informasi bahwa akan segera diadakan ulangan harian.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diberi kesempatan untuk membaca materi selama sepuluh
menit.
2. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang telah disediakan guru
sebagai bahan ulangan harian.
C. Penutup
Guru mengumpulkan hasil ulangan harian.
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 1, Tiga Serangkai, halaman
23-27;
B. lingkungan sekitar sekolah.
VI. Penilaian
Tes Tertulis
1. Berikan tiga contoh bahan yang mudah terbakar dan jelaskan cara
menghindari terbakarnya bahan-bahan tersebut.
2. Gambarlah simbol suatu bahan yang mudah meledak/bersifat korosif.
3. Apakah tujuan dibuat tata tertib laboratorium IPA?
4. Mengapa kita tidak boleh mencium secara langsung bahan kimia dalam
suatu wadah?
5. Jelaskan bahaya dari bahan-bahan kimia berikut ini dan sebutkan cara
menghindari bahaya tersebut.
19
KTSP Sains Biologi SMP 1
a. fosfor
b. eter
c. asam nitrat
d. soda kautik
e. air raksa (merkuri)
Mengetahui, Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah Guru Biologi
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
20 KTSP Sains Biologi SMP 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 8–11
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Indikator : • Mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri makhluk
hidup.
• Membuat laporan tentang ciri-ciri makhluk hidup.
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. mendeskripsikan pengertian keanekaragaman makhluk hidup dengan
mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup;
B. mengenal gejala hidup pada hewan dan tumbuhan;
C. membedakan gejala hidup pada tumbuhan dan gejala hidup pada hewan.
II. Materi Pokok
• Bernapas
• Bergerak
• Menerima dan mereaksi rangsang
• Memerlukan makanan
• Tumbuh dan berkembang
• Berkembang biak
• Mengeluarkan zat sisa
• Melakukan adaptasi
• Memerlukan suhu lingkungan tertentu
III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. eksplorasi pada sumber bacaan yang relevan;
B. observasi untuk membandingkan ciri-ciri kehidupan antara hewan dan
tumbuhan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-8
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang apa yang dimaksud makhluk hidup.
Selanjutnya, guru memberikan permasalahan kepada siswa, mengapa
21
KTSP Sains Biologi SMP 1
sebatang pohon pisang merupakan mahkluk hidup, sedangkan sepotong
kayu merupakan benda tak hidup.
B. Kegiatan Inti
1. Guru mengelompokkan siswa.
2. Tiap kelompok diberi tugas untuk melakukan pengamatan terhadap
makhluk hidup yang terdapat di sekitar sekolah untuk mengetahui
gejala tentang ciri-ciri umum makhluk hidup.
3. Masing-masing kelompok membuat laporan tentang ciri-ciri umum
makhluk hidup dan dipresentasikan di depan kelas.
C. Penutup
Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan tentang ciri-ciri umum
makhluk hidup.
Pertemuan Ke-9
A. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi tentang pengertian bernapas. Selanjutnya,
guru memberikan motivasi berupa pertanyaan, ”Samakah proses perna-
pasan antara hewan dan tumbuhan?”
B. Kegiatan Inti
1. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
2. Masing-masing kelompok membaca buku tentang ciri-ciri makhluk
hidup dan menggarisbawahi konsep-konsep penting tentang materi
tersebut.
3. Siswa melakukan presentasi tentang ciri-ciri makhluk hidup, yaitu
bergerak, bernapas, menerima dan mereaksi rangsang, serta memer-
lukan makan.
C. Penutup
Guru membimbing siswa untuk dapat membuat rangkuman dan memberi
tugas rumah, yaitu mengamati gerak pada tumbuhan.
Pertemuan Ke-10
A. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa
tentang perbedaan gerak tumbuhan dan gerak hewan. Selanjutnya, guru
memberi motivasi kepada siswa dengan meminta siswa menyampaikan
hasil pengamatan tentang gerak pada tumbuhan.
B. Kegiatan Inti
1. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok, setiap kelompok
terdiri atas dua orang.
22 KTSP Sains Biologi SMP 1
2. Siswa diminta membaca buku tentang ciri-ciri makhluk hidup, yaitu
tumbuh, berkembang, berkembang biak, melakukan adaptasi, dan
memerlukan suhu lingkugan tertentu.
3. Siswa diminta menunjukkan konsep-konsep penting yang ditemu-
kan dari materi tersebut.
4. Guru membimbing siswa secara berkelompok untuk mendiskusikan
perbandingan ciri-ciri kehidupan antara hewan dengan tumbuhan
seperti pada Tabel halaman 43, buku Konsep dan Penerapan Sains
Biologi SMP 1.
C. Penutup
Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman.
Pertemuan Ke-11
A. Pendahuluan
Guru memberikan informasi bahwa akan segera diadakan ulangan harian.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diberi kesempatan untuk membaca materi selama sepuluh
menit.
2. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang telah disediakan guru
sebagai bahan ulangan harian.
C. Penutup
Guru mengumpulkan hasil ulangan harian.
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa:
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 1, Tiga Serangkai, halaman
31-48;
B. lingkungan sekolah.
VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Berikan penjelasan beserta contoh yang menunjukkan bahwa
tumbuhan memiliki gejala berikut:
a. bergerak;
b. mengeluarkan zat sisa;
c. memerlukan nutrisi.
2. Jelaskan perbedaan gerak pada tumbuhan dan hewan.
3. Jelaskan perbedaan dan persamaan proses bernapas pada tumbuhan
dan hewan.
23
KTSP Sains Biologi SMP 1
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu-
persatu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.
Format penilaian kinerja sebagai berikut:
Hari/Tanggal : ....
Kelas/Semester : ....
Judul/Materi : ....
Diskusi : Perbandingan Gejala Hidup Tumbuhan dan Hewan.
Aspek Penilaian
Keterampilan Keterampilan Keterampilan
No. Nama Jumlah
Menggaris Merangkum
Bertanya
(0–50)
(0–30) Bawahi
(0–20)
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
dst.
Keterangan
1. Keterampilan bertanya:
• merumuskan 5 pertanyaan dengan baik skor 30;
• merumuskan 4 pertanyaan dengan baik skor 24;
• merumuskan 3 pertanyaan dengan baik skor 18;
• merumuskan 2 pertanyaan dengan baik skor 12;
• merumuskan 1 pertanyaan dengan baik skor 6.
2. Keterampilan menggarisbawahi:
• menggarisbawahi 5 konsep penting dengan baik skor 20;
• menggarisbawahi 4 konsep penting dengan baik skor 15;
• menggarisbawahi 3 konsep penting dengan baik skor 12;
• menggarisbawahi 2 konsep penting dengan baik skor 8;
24 KTSP Sains Biologi SMP 1
3. Keterampilan merangkum konsep penting:
• merumuskan 5 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 50;
• merumuskan 4 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 40;
• merumuskan 3 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 30;
• merumuskan 2 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 20;
• merumuskan 1 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 10;
• tidak dapat merumuskan rangkuman dengan baik dan benar skor 0.
Mengetahui, Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah Guru Biologi
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
25
KTSP Sains Biologi SMP 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 12–14
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-
ciri yang dimiliki.
Indikator : • Membedakan makhluk hidup dengan lain berdasarkan
ciri khusus kehidupan yang dimiliki.
• Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom
dalam sistem klasifikasi lima kingdom dan memberi-
kan contohnya.
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. mendeskripsikan keanekaragaman makhluk hidup untuk mengklasifikasi
makhluk hidup berdasar ciri-ciri yang dimiliki;
B. mengenali ciri-ciri khusus tumbuhan yang digunakan dalam pengelom-
pokan (klasifikasi);
C. mengenal sistem klasifikasi lima kingdom yang diusulkan oleh Robert H.
Whittaker.
II. Materi Pokok
• Dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup
• Nama makhluk hidup
• Klasifikasi sistem lima kingdom
III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. eksplorasi pada sumber bacaan yang relevan;
B. praktik pengamatan terhadap anggota kingdom Protista dan kingdom
Monera;
C. observasi lingkungan untuk menemukan ciri-ciri kingdom Plantae dan
kingdom Animalia.
26 KTSP Sains Biologi SMP 1
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-12
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan tentang perlunya nama
makhluk hidup. Selanjutnya, guru memberi motivasi dengan memberi
pertanyaan, ”Mengapa makhluk hidup diberi nama ilmiah?”
B. Kegiatan Inti
1. Guru membagi seluruh siswa dalam beberapa kelompok, tiap
kelompok terdiri atas dua orang siswa.
2. Guru meminta siswa membaca materi tentang nama ilmiah makhluk
hidup.
3. Siswa menggarisbawahi konsep penting materi tentang nama ilmiah
makhluk hidup (binomial nomenklatur).
4. Siswa melakukan presentasi tentang tata cara penulisan nama ilmiah
makhluk hidup dan memberi lima contoh nama ilmiah makhluk hidup.
C. Penutup
Guru membimbing siswa merangkum tentang penulisan nama makhluk
hidup dengan sistem tata nama ganda.
Pertemuan Ke-13
A. Pendahuluan
Guru memperi apersepsi tentang perlunya diadakan pengelompokan
terhadap jenis objek yang jumlahnya banyak, misalnya barang-barang di
pasar. Selanjutnya, guru memberikan motivasi kepada siswa tentang
bagaimana klasifikasi makhluk hidup.
B. Kegiatan Inti
1. Guru mengajak siswa berdiskusi secara kelompok untuk membahas
tujuan dan dasar klasifikasi makhluk hidup.
2. Guru meminta siswa untuk mempresentasi dan menjelaskan tentang
klasifikasi makhluk hidup sistem lima kingdom.
3. Guru membimbing siswa secara berkelompok melakukan kegiatan
”Mengenal Kingdom Monera”.
4. Guru membimbing siswa melakukan kegiatan ”Mengamati Protista.”
5. Guru meminta wakil dari kelompok siswa untuk menuliskan hasil
kegiatan ”Mengenal Kingdom Monera”.
6. Guru meminta wakil dari kelompok siswa untuk menuliskan hasil
kegiatan ”Mengamati Protista”.
C. Penutup
Guru membimbing siswa merangkum tentang ciri-ciri kingdom Monera
dan Protista.
27
KTSP Sains Biologi SMP 1
Pertemuan Ke-14
A. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi tentang macam-macam organisme yang
termasuk dalam kingdom Monera dan Protista. Selanjutnya, guru memberi
motivasi tentang adanya kelompok organisme tidak berklorofil yang
dimasukkan ke dalam kingdom Fungi.
B. Kegiatan Inti
1. Guru membentuk siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok,
tiap kelompok terdiri atas dua siswa.
2. Siswa diminta membaca buku yang menguraikan tentang kingdom
Fungi, kingdom Plantae, dan kingdom Animalia.
3. Siswa diminta menggarisbawahi ide-ide pokok, kemudian
menuliskannya pada buku catatan.
4. Guru meminta wakil dari kelompok siswa untuk mempresentasikan
ciri-ciri dan contoh organisme yang termasuk dalam kingdom Fungi,
Plantae, dan Animalia.
C. Penutup
Guru membimbing siswa merangkum materi pelajaran tentang ciri-ciri
khusus lima kingdom.
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa:
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 1, Tiga Serangkai, halaman
49-78;
B. lingkungan sekolah
VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes tertulis
1. Mengapa setiap organisme membutuhkan nama ilmiah?
2. Tuliskan penulisan nama yang benar sesuai dengan tata nama bino-
mial nomenklatur pada organisme-organisme berikut.
a. CYCAS RUMPHII
b. Rhizobium Leguminosarum
c. Musa textilia
d. Zea mays
e. Aloe vera
3. Sebutkan tata cara penulisan nama ilmiah makhluk hidup.
4. Apa tujuan dan dasar klasifikasi makhluk hidup?
28 KTSP Sains Biologi SMP 1
5. Sebutkan macam-macam kingdom dalam klasifikasi yang dilakukan
oleh Robert. H. Whittaker.
6. Sebutkan ciri khusus kingdom Monera dan kingdom Protista.
7. Sebutkan masing-masing tiga anggota kingdom Monera dan king-
dom Protista.
8. Apa yang membedakan kingdom Monera dan kingdom Protista?
9. Buatlah perbandingan ciri-ciri antara kingdom Plantae dan kingdom
Fungi, kemudian beri contoh masing-masing kingdom tersebut.
10. Deskripsikan ciri-ciri kingdom Animalia.
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu-
persatu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.
Format penilaian kinerja sebagai berikut:
Hari/Tanggal : ....
Kelas/Semester : ....
Judul kegiatan : Mengamati Kingdom Protista
Aspek Penilaian
Menyiap- Menyiap- Pengunaan Hasil
kan kan Alat Mikroskop Gambar
No. Nama Jumlah
Preparat (0–25) (0–25) (0–25)
(0–25)
1.
2.
3.
4.
5.
dst.
Keterangan
1. Keterampilan menyiapkan preparat:
• menyiapkan 5 preparat dengan baik skor 25;
• menyiapkan 4 preparat dengan baik skor 20;
• menyiapkan 3 preparat dengan baik skor 15;
• menyiapkan 2 preparat dengan baik skor 10;
• menyiapkan 1 preparat dengan baik skor 5.
29
KTSP Sains Biologi SMP 1
2. Keterampilan menyiapkan alat:
• menyiapkan 5 alat dengan baik skor 25;
• menyiapkan 4 alat dengan baik skor 20;
• menyiapkan 3 alat dengan baik skor 15;
• menyiapkan 2 alat dengan baik skor 10;
• menyiapkan 1 alat dengan baik skor 5.
3. Keterampilan menggunakan mikroskop:
• menggunakan mikroskop sangat baik skor 25;
• menggunakan mikroskop cukup baik skor 15;
• menggunakan mikroskop kurang baik skor 10;
• menggunakan mikroskop tidak baik skor 5.
4. Keterampilan menggambar hasil pengamatan:
• menggambar 5 preparat dengan baik skor 25;
• menggambar 4 preparat dengan baik skor 20;
• menggambar 3 preparat dengan baik skor 15;
• menggambar 2 preparat dengan baik skor 10;
• menggambar 1 preparat dengan baik skor 5.
Mengetahui, Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah Guru Biologi
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
30 KTSP Sains Biologi SMP 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 15 dan 16
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-
ciri yang dimiliki.
Indikator : • Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi
makhluk hidup.
• Menggunakan kunci determinasi sederhana.
• Menyusun kunci determinasi sederhana.
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. mendeskripsikan dasar dan tujuan klasifikasi dalam penggunaan kunci
determinasi;
B. menjelaskan tujuan dan dasar klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus
Linnaeus;
C. menggunakan kunci determinasi sederhana untuk menentukan nama atau
kelompok suatu makhluk hidup.
II. Materi Pokok
• Kunci determinasi sebagai alat bantu klasifikasi.
III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. eksplorasi pada sumber bacaan yang relevan tentang dasar-dasar klasifikasi
makhluk hidup dan kunci determinasi/kunci dikotomi;
B. praktik pengamatan kunci determinasi sederhana.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-15
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang klasifikasi makhluk hidup sistem lima
kingdom. Selanjutnya, guru memberikan motivasi tentang teknik atau cara
yang digunakan untuk mempermudah pengelompokan makhluk hidup.
31
KTSP Sains Biologi SMP 1
B. Kegiatan Inti
1. Guru meminta siswa membaca buku Konsep dan Penerapan Sains
Biologi 1 tentang dasar-dasar klasifikasi dan kunci determinasi
sebagai alat bantu klasifikasi.
2. Guru meminta wakil dari kelompok siswa menuliskan konsep-konsep
penting tentang dasar klasifikasi dan kunci determinasi.
3. Guru membimbing siswa secara berkelompok untuk mengerjakan/
mengisi bagan kunci dikotomi.
C. Penutup
1. Guru membimbing siswa untuk merangkum tentang dasar-dasar
klasifikasi menurut Carolus Linnaeus.
2. Guru membimbing siswa merangkum tentang pengertian dan tujuan
penggunaan kunci dikotomi.
Pertemuan Ke-16
A. Pendahuluan
Guru memberikan informasi bahwa akan segera diadakan ulangan harian.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diberi kesempatan untuk membaca materi selama sepuluh
menit.
2. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang telah disediakan guru
sebagai bahan ulangan harian.
C. Penutup
Guru mengumpulkan hasil ulangan harian.
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 1, Tiga Serangkai, halaman
78-80;
B. lingkungan sekitar sekolah.
VI. Penilaian
Tes Tertulis
1. Buatlah urutan tingkat klasifikasi (takson) pada dunia hewan dan tumbuhan
seperti yang dikemukakan oleh Carolus Linnaeus.
2. Jelaskan pengertian kunci determinasi.
3. Perhatikan dengan cermat contoh kunci determinasi pada buku Konsep
dan Penerapan Sains Biologi 1, halaman 79-80, kemudian tulislah ciri-
ciri organisme berikut.
32 KTSP Sains Biologi SMP 1
a. Rumput-rumputan.
b. Serangga.
c. Reptilia
Mengetahui, Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah Guru Biologi
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
33
KTSP Sains Biologi SMP 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 17–19
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisme
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.
Indikator : • Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan
hasil pengamatan menggunakan mikroskop.
• Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut
sel-sel penyusunnya berdasarkan pengamatan meng-
gunakan mikroskop.
• Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem
organ berdasar hasil pengamatan.
• Mengaitkan hubungan antarsel, jaringan, organ, dan
sistem organ makhluk hidup.
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menjelaskan keragaman pada sistem organisme kehidupan pada tingkat
sel, jaringan, organ, dan sistem organ;
B. menjelaskan pengertian sel, jaringan, organ, dan sistem organ;
C. membandingkan bagian-bagian sel hewan dan tumbuhan melalui
pengamatan dengan mikroskop;
D. menggambar sel hewan dan tumbuhan melalui pengamatan dengan
mikroskop;
E. memberikan contoh jaringan, organ, dan sistem organ;
F. menjelaskan fungsi jaringan otot pada manusia;
G. menjelaskan fungsi jaringan meristem pada manusia.
II. Materi Pokok
• Sel
• Jaringan
• Organ
• Sistem organ
• Organisme
34 KTSP Sains Biologi SMP 1
III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. eksplorasi sumber bacaan yang relevan;
B. praktik pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan;
C. diskusi tentang macam-macam jaringan, organ, dan sistem organ.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-17
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan mengajukan pertanyaan. Misalnya,
”Apakah kamu pernah mendengar istilah sel? Bagaimana bentuknya?”
Selanjutnya, guru memberi motivasi kepada siswa dengan memberi
gambaran bahwa dalam sel terjadi berbagai aktivitas untuk menunjang
kehidupan sel itu sendiri, misalnya memerlukan makanan dan melakukan
pernapasan.
B. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang teori sel dan menanyakan kepada siswa
tentang gambar atau charta sel hewan dan sel tumbuhan yang telah
dipersiapkan sebelumnya oleh guru.
2. Guru menanyakan kembali tentang fungsi mikroskop dan cara
menggunakan mikroskop pada siswa.
3. Guru membimbing siswa secara berkelompok untuk melakukan
kegiatan ”Membandingkan Struktur Sel Hewan dan Sel Tumbuhan”.
4. Guru meminta siswa menggarisbawahi konsep penting tentang materi
sel dan jaringan serta diminta mengajukan pertanyaan berdasarkan
bacaan tentang sel dan jaringan tersebut.
5. Guru meminta wakil dari siswa membacakan konsep penting yang
telah digarisbawahi dan menuliskan pertanyaan yang dibuatnya.
Siswa lain diminta menanggapi dan menjawab pertanyaan tersebut.
Pada akhir diskusi, siswa diharapkan membahas beberapa konsep
penting tentang contoh dan fungsi beberapa jaringan, organ, dan
sistem organ.
C. Penutup
1. Guru bersama siswa merangkum materi pelajaran tentang pengertian
sel dan jaringan.
2. Guru memberi tugas yang dapat dikerjakan di rumah, yaitu membuat
model sel dari gabus/busa sterofoam.
35
KTSP Sains Biologi SMP 1
Pertemuan Ke-18
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan mengingatkan kembali tentang pengertian
dan contoh jaringan pada tubuh hewan. Selanjutnya, guru memberi
motivasi dengan mengajukan pertanyaan mengapa suatu organ atau alat
tubuh manusia, misalnya tangan, dapat digunakan untuk melakukan
berbagai kegiatan.
B. Kegiatan Inti
1. Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
2. Siswa diminta membaca materi yang menguraikan tentang organ pada
hewan dan tumbuhan, sistem organ pada hewan dan pada tumbuhan,
serta organisme.
3. Siswa menggarisbawahi konsep penting tentang materi organ, sistem
organ, dan organisme.
4. Guru menunjuk wakil dari siswa untuk menuliskan konsep penting
di papan tulis.
5. Guru meminta siswa lain membuat pertanyaan berdasarkan konsep
penting yang ditulis di papan tulis tersebut.
C. Penutup
1. Guru membimbing siswa merangkum materi pelajaran Organisasi
Kehidupan.
2. Guru memberi tugas rumah kepada siswa untuk membandingkan
macam-macam jaringan yang menyusun akar, batang dan daun. (Buku
Konsep dan Penerapan Sains Biologi SMP 1, halaman 102)
Pertemuan Ke-19
A. Pendahuluan
Guru memberikan informasi bahwa akan segera diadakan ulangan harian.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diberi kesempatan untuk membaca materi selama sepuluh menit.
2. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang telah disediakan guru
sebagai bahan ulangan harian.
C. Penutup
Guru mengumpulkan hasil ulangan harian.
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa:
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 1, Tiga Serangkai, halaman
89-106;
B. lingkungan sekitar sekolah.
36 KTSP Sains Biologi SMP 1
VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Jelaskan pengertian tentang sel, jaringan, organ, dan sistem organ.
2. Apa hubungan antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ?
3. Sebutkan contoh dari sel, jaringan, organ, dan sistem organ.
4. Sebutkan bagian-bagian penyusun sel hewan dan sel tumbuhan.
5. Apakah yang membedakan sel hewan dengan sel tumbuhan?
6. Gambarkan secara lengkap bagian-bagian penyusun sel hewan dan
sel tumbuhan.
7. Apakah jaringan penyusun akar dengan jaringan penyusun daun pada
tumbuhan sama?
8. Apakah eritrosit termasuk sel?
9. Sebutkan perbedaan sel otot polos, otot lurik, dan otot jantung.
10. Jelaskan fungsi jaringan berikut.
a. meristem
b. pembuluh kayu/xilem
c. jaringan epitel
d. jaringan otot
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu-
persatu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.
Format penilaian kinerja sebagai berikut:
Hari/Tanggal : ....
Kelas/Semester : ....
Judul kegiatan : Membuat Model Sel Hewan/Sel Tumbuhan
Aspek Penilaian
Ketepatan Kelengkapan Presentasi Jumlah
No. Nama
Waktu Mengum- Model (0–30)
pulkan (0–50)
(0–20)
1.
2.
3.
4.
5.
37
KTSP Sains Biologi SMP 1
Aspek Penilaian
Ketepatan Kelengkapan Presentasi Jumlah
No. Nama
Waktu Mengum- Model (0–30)
pulkan (0–50)
(0–20)
6.
7.
8.
9.
10.
dst.
40.
Mengetahui, Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah Guru Biologi
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
38 KTSP Sains Biologi SMP 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 20–24
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi Dasar : 7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara
komponen ekosistem.
Indikator : • Mengidentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem
dan menyatakan bahwa matahari merupakan sumber
energi utama pada sistem biologi.
• Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai
makanan dan jaring-jaring kehidupan serta menjelas-
kan peran masing-masing tingkatan tropik.
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menjelaskan sifat saling ketergantungan antarkomponen dalam ekosistem;
B. menjelaskan pengertian individu, populasi, dan komunitas;
C. menjelaskan kepadatan populasi;
D. menjelaskan faktor abiotik dalam ekosistem;
E. menjelaskan ketergantungan antara komponen biotik dan abiotik;
F. menjelaskan rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan;
G. membuat contoh diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan;
H. menjelaskan bahwa matahari adalah sumber energi utama bagi makhluk
hidup;
I. membedakan simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme, serta
memberikan contohnya.
II. Materi Pokok
• Satuan-satuan kehidupan dalam ekosistem
• Komponen-komponen penyusun kehidupan
• Interaksi antarkomponen ekosistem
• Rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan
• Arus energi dalam rantai makanan
• Interaksi antarorganisme dalam ekosistem
39
KTSP Sains Biologi SMP 1
III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. eksplorasi sumber bacaan yang relevan;
B. praktik pengamatan satuan-satuan dalam ekosistem;
C. diskusi tentang komponen-komponen ekosistem dan interaksinya.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-20
A. Pendahuluan
Guru menggali pengetahuan awal siswa dengan menanyakan arti kata
ekosistem, seperti yang diperoleh waktu sekolah dasar. Selanjutnya, guru
memberi motivasi siswa dengan menayangkan gambar berbagai ekosistem.
B. Kegiatan Inti
1. Guru mempresentasikan tentang ekosistem dan satuan-satuan
kehidupan dalam ekosistem, kemudian meminta siswa menang-
gapinya.
2. Siswa melakukan kegiatan ”Mengamati Satuan-Satuan dalam
Ekosistem” untuk mengenal individu, populasi, dan komunitas.
C. Penutup
Guru membimbing siswa merangkum pengertian dan contoh individu,
populasi, dan komunitas.
Pertemuan Ke-21
A. Pendahuluan
Guru mengingatkan kembali perbedaan antara biotik dan abiotik.
B. Kegiatan Inti
1. Guru meminta siswa menyebutkan komponen-komponen dalam
ekosistem dan interaksi antarkomponen ekosistem.
2. Siswa menyebutkan konsep-konsep penting tentang komponen
ekosistem dan interaksi antarkomponen ekosistem.
3. Guru meminta siswa menuliskan konsep-konsep penting tentang
komponen ekosistem dan interaksinya.
C. Penutup
1. Guru membimbing siswa untuk merangkum komponen-komponen
dalam ekosistem.
2. Guru membimbing siswa menggambar diagram interaksi antara
produsen, konsumen, dan pengurai.
40 KTSP Sains Biologi SMP 1
Pertemuan Ke-22
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi kepada siswa dengan memberikan pertanyaan
tentang pengertian individu dan populasi. Selanjutnya, guru bertanya
tentang peranan masing-masing komponen biotik dan ekosistem.
B. Kegiatan Inti
1. Guru meminta siswa menjelaskan pengertian tentang rantai makanan
dan jaring-jaring kehidupan serta arus energi dalam rantai makanan.
2. Siswa menggarisbawahi konsep penting tentang materi yang
membahas rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan.
3. Guru menunjuk perwakilan siswa untuk mendefinisikan rantai
makanan dan jaring-jaring kehidupan.
4. Guru menunjuk siswa lain untuk membuat contoh diagram rantai
makanan.
5. Guru menuliskan sepuluh nama makhluk hidup, kemudian siswa
diminta membuat diagram jaring-jaring kehidupan berdasarkan nama-
nama makhluk hidup tersebut.
6. Guru menunjuk perwakilan siswa untuk membuat diagram tentang
arus energi dalam rantai makanan.
C. Penutup
1. Guru membimbing siswa mendefinisikan rantai makanan dan jaring-
jaring kehidupan.
2. Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan bahwa matahari
merupakan sumber energi pada sistem biologi.
Pertemuan Ke-23
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang interaksi antara produsen, konsumen,
dan pengurai. Selanjutnya, guru memberi motivasi dengan pertanyaan
bagaimana sifat interaksi antara tumbuhan budi daya dengan gulma.
B. Kegiatan Inti
1. Guru meminta siswa mendiskusikan interaksi organisme yang
dibedakan menjadi tiga macam, yaitu predasi, kompetisi, dan simbiosis.
2. Siswa mendefinisikan dan memberi contoh pola interaksi berupa
predasi dan kompetisi.
3. Siswa membedakan macam-macam simbiosis dan memberikan
contoh masing-masing simbiosis.
4. Guru meminta wakil dari siswa menjelaskan perbedaan tentang
predasi, kompetisi, dan simbiosis.
41
KTSP Sains Biologi SMP 1
Pertemuan Ke-24
A. Pendahuluan
Guru memberikan informasi bahwa akan segera diadakan ulangan harian.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diberi kesempatan untuk membaca materi selama sepuluh
menit.
2. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang telah disediakan guru
sebagai bahan ulangan harian.
C. Penutup
Guru mengumpulkan hasil ulangan harian.
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 1, Tiga Serangkai, halaman
107-136;
B. lingkungan sekitar sekolah.
VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Jelaskan pengertian individu, populasi, dan komunitas, serta berikan
contoh masing-masing.
2. Berikan contoh yang menunjukkan bahwa ada interaksi antara
komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem.
3. Buatlah suatu diagram jaring-jaring kehidupan yang menunjukkan
peristiwa makan dan dimakan yang terjadi antarorganisme di sekitar
tempat tinggalmu.
4. Buatlah diagram yang menunjukkan bahwa energi yang dimakan
makhluk hidup berasal dari matahari.
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu-
persatu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.
Format penilaian kinerja sebagai berikut:
42 KTSP Sains Biologi SMP 1
Hari/Tanggal : ....
Kelas/Semester : ....
Aspek Penilaian
Pelaporan Jumlah
Kerja Keaktifan Presen-
No. Nama
(0–35)
Sama Siswa tasi
(0–20) (0–25) (0–20)
1.
2.
3.
4.
5.
dst.
Mengetahui, Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah Guru Biologi
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
43
KTSP Sains Biologi SMP 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 25–28
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi Dasar : 7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman
makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem.
Indikator : • Mengemukakan pentingnya membudidayakan
tumbuhan/hewan langka.
• Mendeskripsikan usaha-usaha yang dapat dilakukan
manusia untuk pelestarian ekosistem.
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menjelaskan pengertian sumber daya alam hayati;
B. menjelaskan pentingnya keanekaragaman bagi kelestarian makhluk hidup;
C. menjelaskan manfaat sumber daya alam hayati dalam bidang biologi dan
lingkungan;
D. menyebutkan usaha-usaha manusia dalam menjaga kelestarian sumber
daya alam hayati.
II. Materi Pokok
• Keanekaraman pada makhluk hidup
• Pentingnya keanekaragaman bagi kehidupan makhluk hidup
• Keanekaragaman sumber daya alam hayati di Indonesia
• Pelestarian sumber daya alam hayati.
III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. eksplorasi sumber bacaan yang relevan;
B. praktik yang menunjukkan adanya keanekaragaman yang menguntungkan
kelestarian hidup;
C. diskusi tentang peranan manusia dalam kaitannya dengan kelestarian
sumber daya alam hayati.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-25
A. Pendahuluan
Guru menggali pengetahuan siswa tentang keanekaragaman makhluk
hidup. Selanjutnya, guru memberikan motivasi dengan bertanya tentang
44 KTSP Sains Biologi SMP 1
perbedaan dan persamaan antara tumbuhan dan hewan untuk menunjukkan
keanekaragaman makhluk hidup.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta membaca buku dan menemukan konsep penting tentang
keanekaragaman makhluk hidup untuk ditulis pada papan tulis.
2. Siswa diminta membuat pertanyaan dan jawaban dari konsep penting
yang dituliskan siswa.
3. Siswa mendiskusikan pertanyaan dan jawaban yang telah ditulis, dan
ditanggapi siswa lain.
4. Siswa melakukan kegiatan ”Pengamatan Variasi Antarteman Sekelas”.
C. Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan keanekaragaman pada
tumbuhan dan hewan.
Pertemuan Ke-26
A. Pendahuluan
Guru merangsang siswa dengan macam-macam gambar keanekaragaman
tumbuhan dan hewan. Selanjutnya, guru bertanya kepada siswa tentang
keuntungan dan kerugian keanekaragaman makhluk hidup terhadap
kelestarian suatu jenis makhluk hidup.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa melakukan kegiatan ”Keanekaragaman yang Menguntungkan
Kelestarian Hidup”.
2. Guru meminta salah satu kelompok mempresentasikan hasil kegiatan
tersebut. Adapun kelompok lain diminta menanggapinya.
C. Penutup
Guru membimbing siswa untuk dapat menyimpulkan keuntungan dan
kerugian yang diperoleh suatu jenis makhluk hidup akibat adanya
keanekaragaman makhluk hidup.
Pertemuan Ke-27
A. Pendahuluan
Guru merangsang siswa dengan menunjukkan macam-macam gambar
taman nasional, kebun binatang, atau daerah cagar alam yang ada di In-
donesia. Selanjutnya, guru bertanya tentang manfaat sumber daya alam
serta cara pelestariannya.
B. Kegiatan Inti
1. Guru meminta siswa berdiskusi tentang keanekaragaman sumber daya
alam hayati di Indonesia dan upaya pelestariannya.
2. Siswa mempresentasikan konsep-konsep penting yang ditemukan
tentang hal tersebut.
45
KTSP Sains Biologi SMP 1
C. Penutup
1. Guru membimbing siswa merangkum tentang pentingnya keaneka-
ragaman, manfaat, dan usaha pelestarian terhadap sumber daya alam
hayati di Indonesia.
2. Guru memberi tugas siswa untuk menanam salah satu jenis tumbuhan
langka dan membuat laporan hasil.
Pertemuan Ke-28
A. Pendahuluan
Guru memberikan informasi bahwa akan segera diadakan ulangan harian.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diberi kesempatan untuk membaca materi selama sepuluh menit.
2. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang telah disediakan guru
sebagai bahan ulangan harian.
C. Penutup
Guru mengumpulkan hasil ulangan harian.
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa:
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 1, Tiga Serangkai, halaman
137-154;
B. lingkungan sekitar sekolah.
VI. Penilaian
Penilaian, meliputi
Tes Tertulis
1. Jelaskan manfaat keanekaragaman bagi kelangsungan makhluk hidup suatu
spesies.
2. Jelaskan manfaat sumber daya alam hayati dalam bidang ekonomi.
3. Berikan dua contoh kegiatan manusia yang berdampak negatif terhadap
lingkungan.
4. Sebutkan usaha-usaha manusia untuk menjaga kelestarian sumber daya
alam hayati.
5. Jelaskan manfaat sumber daya alam hayati bagi lingkungan.
Mengetahui, Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah Guru Biologi
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
46 KTSP Sains Biologi SMP 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 29–31
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi Dasar : 7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia
terhadap lingkungan.
Indikator : • Memperkirakan hubungan ukuran populasi penduduk
dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih.
• Memperkirakan hubungan ukuran populasi penduduk
dengan kebutuhan pangan.
• Memperkirakan hubungan ukuran populasi penduduk
dengan ketersediaan lahan.
• Menjelaskan pengaruh peningkatan populasi
penduduk terhadap kerusakan lingkungan.
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menjelaskan sifat saling ketergantungan untuk memperkirakan pengaruh
kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan;
B. menjelaskan sejarah pertumbuhan penduduk;
C. menghitung angka pertambahan penduduk;
D. menyimpulkan faktor-faktor yang memengaruhi dinamika penduduk;
E. menghitung persentase pertambahan penduduk;
F. menjelaskan pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap persediaan
udara dan air bersih;
G. menjelaskan pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap kebutuhan
lahan pertanian;
H. menjelaskan pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap kerusakan
lingkungan.
II. Materi Pokok
• Dinamika penduduk
• Dampak peningkatan kepadatan penduduk
III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. eksplorasi pada sumber bacaan dan berbagai sumber dan relevan;
47
KTSP Sains Biologi SMP 1
B. Diskusi tentang faktor-faktor yang memengaruhi dinamika penduduk;
C. Pemecahan masalah menghitung pertumbuhan penduduk dan kepadatan
penduduk.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-29
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi kepada siswa dengan menayangkan sebuah
gambar penduduk yang padat pada suatu area. Kemudian, guru menanya-
kan pendapat siswa bagaimana keadaan penduduk di area tersebut dan
siswa diminta menyebutkan faktor-faktor yang memengaruhi kepadatan
penduduk. Selanjutnya, guru memberikan motivasi dengan memberikan
pertanyaan, ”Apakah pengaruh negatif dan positif dari kepadatan pen-
duduk?”
B. Kegiatan Inti
1. Guru meminta siswa membaca buku siswa yang menguraikan tentang
pertumbuhan penduduk dan faktor-faktor yang memengaruhi
pertumbuhan penduduk di Indonesia.
2. Siswa menggarisbawahi konsep-konsep penting tentang materi
tersebut dan menuliskan konsep-konsep tersebut di buku tugas.
3. Siswa membuat pertanyaan dan jawaban berdasarkan konsep penting
yang ditulis.
4. Siswa diminta mendikusikan pengertian dinamika penduduk.
5. Siswa diminta menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi
dinamika penduduk.
6. Siswa diminta mencari informasi tentang sejarah pertumbuhan
penduduk Indonesia.
7. Siswa memecahkan masalah tentang pertumbuhan penduduk yang
diberikan guru.
8. Pada bagian akhir, guru memantapkan pemahaman siswa dengan
penegasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi dinamika
penduduk serta penggunaan rumus Pt = Po(1 + r)n untuk menghitung
pertumbuhan penduduk.
9. Siswa diminta menghitung persentase pertambahan penduduk.
C. Penutup
1. Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran dengan
tanya jawab kepada siswa.
2. Guru memberi tugas kepada siswa, misalnya diambil dari buku
Konsep dan Penerapan Sains Biologi 1, halaman 158.
48 KTSP Sains Biologi SMP 1
Pertemuan Ke-30
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi kepada siswa dengan pertanyaan tentang usaha-
usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selanjutnya, guru
memberi motivasi kepada siswa untuk memperkirakan apa yang akan
terjadi pada lingkungan, jika manusia dengan segala cara berusaha untuk
memenuhi kebutuhan hidup.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menguraikan tentang dampak peningkatan kepadatan
penduduk terhadap lingkungan.
2. Guru meminta siswa menyebutkan konsep penting yang berhubungan
dengan dampak peningkatan kepadatan penduduk.
3. Guru menunjuk wakil siswa menuliskan konsep-konsep penting pada
papan tulis.
4. Guru meminta siswa membuat pertanyaan berdasarkan konsep
penting yang ditulis.
5. Siswa diminta diskusikan konsep-konsep penting yang berkaitan
dengan pengaruh peningkatan populasi manusia terhadap sumber air,
persediaan udara bersih, kebutuhan lahan, ketersediaan pangan, dan
kerusakan lingkungan.
6. Siswa melakukan kegiatan ”Membuktikan Pengaruh Pencemaran
Detergen terhadap Gerak Tutup Insang Ikan”.
C. Penutup
1. Guru membimbing siswa merangkum materi pelajaran.
2. Guru memberi PR kepada siswa tentang hubungan pertambahan
penduduk dengan kebutuhan pangan.
Pertemuan Ke-31
A. Pendahuluan
Guru memberikan informasi bahwa akan segera diadakan ulangan harian.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa diberi kesempatan untuk membaca materi selama sepuluh menit.
2. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang telah disediakan guru
sebagai bahan ulangan harian.
C. Penutup
Guru mengumpulkan hasil ulangan.
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa:
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 1, Tiga Serangkai, halaman
162-167;
B. lingkungan sekitar sekolah.
49
KTSP Sains Biologi SMP 1
VI. Penilaian
Penilaian, meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Jelaskan apa yang dimaksud dinamika penduduk.
2. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi dinamika penduduk.
3. Pada tahun 1971 pertumbuhan penduduk Indonesia kira-kira 2,3%
tiap tahun, apakah artinya?
4. Jumlah penduduk pada suatu kota adalah 850.000 jiwa, jika tingkat
pertumbuhan penduduk tiap tahun adalah 1,3%, berapa jumlah
penduduk kota itu 10 tahun yang akan datang?
5. Sebutkan dampak yang terjadi akibat dari peningkatan kepadatan
penduduk.
6. Bagaimana sejarah pertumbuhan penduduk di Indonesia?
7. Apa hubungan antara jumlah penduduk dengan jumlah udara bersih
yang menipis?
8. Mengapa persediaan pangan dapat habis apabila jumlah penduduk
meningkat?
9. Jelaskan pengaruh peningkatan populasi penduduk terhadap
kerusakan lingkungan.
10. Bagaimana cara mengatasi peningkatan pertumbuhan penduduk?
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu-
persatu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.
Format penilaian kinerja sebagai berikut:
Hari/Tanggal : ....
Kelas/Semester : ....
Judul Kegiatan : Dampak Peningkatan Kepadatan Penduduk
Aspek Penilaian
Keterampilan Keterampilan Keterampilan
No. Nama Jumlah
Bertanya Menggaris- Merangkum
(0–30) bawahi (0–50)
(0–20)
1.
2.
3.
4.
5.
dst.
50 KTSP Sains Biologi SMP 1
Keterangan
1. Keterampilan bertanya:
• merumuskan 5 pertanyaan dengan baik skor 30;
• merumuskan 4 pertanyaan dengan baik skor 24;
• merumuskan 3 pertanyaan dengan baik skor 18;
• merumuskan 2 pertanyaan dengan baik skor 12;
• merumuskan 1 pertanyaan dengan baik skor 6.
2. Keterampilan menggarisbawahi:
• menggarisbawahi 5 konsep penting dengan baik skor 20;
• menggarisbawahi 4 konsep penting dengan baik skor 15;
• menggarisbawahi 3 konsep penting dengan baik skor 12;
• menggarisbawahi 2 konsep penting dengan baik skor 8.
3. Keterampilan merangkum konsep penting:
• merumuskan 5 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 50;
• merumuskan 4 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 40;
• merumuskan 3 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 30;
• merumuskan 2 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 20;
• merumuskan 1 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 10;
• tidak dapat merumuskan rangkuman dengan baik dan benar skor 0.
Mengetahui, Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah Guru Biologi
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
51
KTSP Sains Biologi SMP 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 32–34
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi Dasar : 7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan
kerusakan lingkungan.
Indikator : • Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan
pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan (misal-
nya, kondisi tanah dan keanekaragaman hayati) serta
upaya mengatasinya.
• Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara, dan
tanah kaitannya dengan aktivitas manusia serta cara
mengatasinya.
• Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan
kerusakan lingkungan.
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menyebutkan akibat dari penebangan hutan secara liar;
B. mengusulkan upaya-upaya untuk mencegah penebangan hutan secara liar;
C. menjelaskan penyebab dan efek polusi air serta tanah;
D. menjelaskan penyebab dan efek polusi udara;
E. mengusulkan penanggulangan pencemaran secara administratif;
F. menyebutkan contoh peran individu dan masyarakat dalam mencegah
pencemaran lingkungan.
II. Materi Pokok
• Pengawetan tanah
• Pengawetan hutan
• Kerusakan dan pencemaran lingkungan
• Dampak pencemaran lingkungan
• Penanggulangan pencemaran
• Peran serta individu dalam pencegahan pencemaran lingkungan
52 KTSP Sains Biologi SMP 1
III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. eksplorasi sumber bacaan yang relevan;
B. diskusi tentang pencemaran lingkungan dan dampaknya;
C. praktik membuktikan pengaruh pencemaran deterjen terhadap gerak buka-
tutup insang ikan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-32
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi dengan menunjukkan kepada siswa sebuah stoples
yang berisi air keruh yang diambil dari suatu sungai. Selanjutnya, siswa
diberi pertanyaan, misalnya sebagai berikut.
1. Mengapa air dalam stoples tersebut keruh dan kotor?
2. Apa yang terjadi jika stoples tersebut diisi ikan?
Kemudian, guru memberikan motivasi dengan menanyakan kepada siswa
apakah di lingkungan kita juga terjadi hal-hal berkaitan dengan pencemaran
dan kerusakan lingkungan.
B. Kegiatan Inti
1. Guru meminta siswa menguraikan tentang cara pengawetan tanah
dan hutan.
2. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang faktor-faktor
yang mendorong manusia melakukan penebangan hutan.
3. Siswa diarahkan untuk menemukan ide pokok yang berkaitan dengan
macam-macam pencemaran/polusi lingkungan.
4. Siswa diminta menemukan ide pokok dari buku bacaan yang
menguraikan tentang cara-cara penanggulangan pencemaran.
5. Siswa diminta melakukan diskusi yang membahas tentang macam-
macam pencemaran dan cara penanggulangannya.
6. Siswa diminta mempresentasikan hasil diskusi tentang penang-
gulangan pencemaran.
C. Penutup
1. Guru membimbing siswa merangkum materi pelajaran hari itu.
2. Guru memberi tugas pada siswa untuk membuat usulan kepada
pemerintah daerah tentang penanggulangan terhadap pencemaran
udara, tanah, air, dan polusi suara.
53
KTSP Sains Biologi SMP 1
Pertemuan Ke-33
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi kepada siswa dengan pertanyaan tentang akibat
pembuangan sabun detergen ke sungai. Selanjutnya, guru memberi
motivasi kepada siswa dengan pertanyaan tentang macam-macam polusi.
B. Kegiatan Inti
1. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok. Tiap kelompok
terdiri atas dua siswa.
2. Guru meminta siswa mencari informasi tentang pencemaran air,
tanah, udara, dan pencemaran suara, serta penanggulangannya.
Kemudian, siswa diminta menguraikannya kembali dengan kalimat-
nya sendiri tentang hal tersebut dalam bentuk laporan.
3. Guru meminta perwakilan siswa menuliskan hal-hal yang berkaitan
dengan pencemaran pada buku catatan masing-masing.
4. Guru meminta perwakilan siswa menuliskan ide pokok materi
tersebut pada papan tulis, dan siswa lain membuat pertanyaan dan
jawaban berdasarkan ide pokok tersebut.
C. Penutup
1. Guru membimbing siswa merangkum materi pelajaran tentang
dampak pencemaran air, tanah, udara, dan pencemaran suara.
2. Guru membimbing siswa merangkum materi pelajaran tentang
penanggulangan pencemaran secara administratif, secara edukatif,
dan secara teknologi.
Pertemuan Ke-34
A. Pendahuluan
Guru memberi apersepsi kepada siswa tentang macam-macam polusi dan
penyebabnya. Selanjutnya, guru memberi motivasi kepada siswa dengan
pertanyaan tentang partisipasi kita dalam mencegah dan menanggulangi
pencemaran terhadap lingkungan.
B. Kegiatan Inti
1. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil. Tiap
kelompok terdiri atas empat siswa.
2. Masing-masing kelompok siswa mendiskusikan peran serta dalam
mencegah dan menanggulangi pencemaran baik secara individu
ataupun sebagai anggota masyarakat, kemudian mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas.
3. Guru membimbing siswa melaksanakan praktik untuk membuktikan
pengaruh pencemaran deterjen terhadap gerak buka–tutup insang ikan.
4. Siswa mencatat hasil pengamatan dan membuat kesimpulan.
54 KTSP Sains Biologi SMP 1
C. Penutup
1. Guru membimbing siswa merangkum materi pelajaran.
2. Guru memberi PR kepada siswa.
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 1, Tiga Serangkai, halaman
171-185;
B. lingkungan sekitar sekolah.
VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.
A. Tes Tertulis
1. Sebutkan lima cara yang dilakukan untuk mengawetkan hutan.
2. Jelaskan penyebab terjadinya polusi udara dan cara menang-
gulanginya.
3. Jelaskan cara penanggulangan pencemaran secara edukatif.
4. Berikan lima contoh tindakan nyata yang dapat kita lakukan untuk
menanggulangi pencemaran.
5. Apakah yang dimaksud dengan hujan asam? Sebutkan akibat yang
ditimbulkan oleh hujan asam.
6. Mengapa penebangan hutan secara liar dilarang oleh pemerintah?
7. Benarkah penggunaan pupuk dapat menimbulkan pencemaran air?
8. Mengapa penanggulangan pencemaran secara administratif juga perlu
dilakukan?
9. Apa hubungan antara aktivitas manusia menggunakan detergen
dengan gerak buka–tutup insang ikan?
10. Termasuk mengakibatkan pencemaran apakah hal-hal berikut ini.
a. pembakaran sampah
b. tinggal di dekat bandar udara
c. mencuci pakaian
d. pemupukan dengan bahan anorganik
e. kendaraan bermotor tak terawat
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu-
persatu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.
55
KTSP Sains Biologi SMP 1
Format penilaian kinerja sebagai berikut:
Hari/Tanggal : ....
Kelas/Semester : ....
Judul kegiatan : Membuktikan Pengaruh Pencemaran Detergen
terhadap Gerak Buka–Tutup Insang Ikan
Aspek Penilaian
Aktivitas Presen- Pelaporan
Cara
Jumlah
No. Nama (0–35)
Menyiapkan Siswa tasi
Alat (0–25) (0–20)
(0–20)
1.
2.
3.
4.
5.
dst.
40.
Keterangan
1. Keterampilan menyiapkan alat:
• menyiapkan 5 alat dengan baik skor 20;
• menyiapkan 4 alat dengan baik skor 15;
• menyiapkan 3 alat dengan baik skor 10;
• menyiapkan 2 alat dengan baik skor 5.
2. Keterampilan beraktivitas:
• siswa sangat aktif beraktivitas skor 25;
• siswa cukup aktif beraktivitas skor 15;
• siswa kurang aktif beraktivitas skor 10;
• siswa tidak aktif beraktivitas skor 0.
3. Keterampilan presentasi:
• menyampaikan presentasi sangat baik skor 20;
• menyampaikan presentasi cukup baik skor 10;
• menyampaikan presentasi kurang baik skor 5;
• menyampaikan presentasi tidak baik skor 0.
56 KTSP Sains Biologi SMP 1
4. Keterampilan membuat laporan:
• melaporkan 5 kesimpulan penting skor 35;
• melaporkan 4 kesimpulan penting skor 30;
• melaporkan 3 kesimpulan penting skor 20;
• melaporkan 2 kesimpulan penting skor 10;
• melaporkan 1 kesimpulan penting skor 5.
Mengetahui, Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah Guru Biologi
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
57
KTSP Sains Biologi SMP 1
Daftar Pustaka
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. ”Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.” Jakarta.
Depdiknas. 2006. ”Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta.
–––. 2006. ”Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi
Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta.
–––. 2006. ”Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas
Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar
Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
58 KTSP Sains Biologi SMP 1
Catatan:
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
59
KTSP Sains Biologi SMP 1
Catatan:
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
60 KTSP Sains Biologi SMP 1

Tidak ada komentar: